Selain
kontribusinya terhadap pertumbuhan kesempatan kerja dan sebagai salah satu
sumber penting pendapatan, UKM di Indonesia juga sangat diharapkan karena
memang mempunyai potensi besar sebagai salah satu sumber penting perkembangan
(diversifikasi) dan pertumbuhan X, khusunya X manufaktur. Kemampuan UKM
Indonesia untuk merealisasikan potensi-X nya ditentukan oleh suatu kombinasi
dari sejumlah faktor – faktor keunggulan relatif yang dimiliki Ukm Indonesia
atas pesaing-pesaingnya, baik dari dalam (UB) maupun luar negeri. Data
Deperindag juga memberikan informasi mengenai perkembangan kinerja X dari IK
untuk sejumlah komoditi. Dari segi nilai X, pakaian jadi, batik dan TPT lainnya
serta barang-barang jadi dari kulit seperti tas merupakan X unggulan IK. Secara
keseluruhan, nilai X dari IK setiap tahun sangat kecil jika di bandingkan
dengan IM dan IB. Data Deperindag menunjukkan bahwa dalam tahun 2001 saham X
dari IK sebagai suatu persentase dari ekspor total dari produk-produk nonmigas
sekitar 6,9%, sedikit naik dibandingkan tahun 1999 yang sebesar 6,1%.
Sumber: http://cintailmupengetahuan.blogspot.com/2011/05/ukm.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar